Sukses

Status Sinabung Masih `Awas`, Hindari Radius 5 Km

Jumlah pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, hingga Sabtu ini tinggal 15.873 orang atau 5.002 keluarga

Liputan6.com, Karo- Jumlah pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, hingga Sabtu ini tinggal 15.873 orang atau 5.002 keluarga. Meski demikian, status Gunung Sinabung masih "Awas".

Ketua Media Center Penanganan Bencana Gunung Sinabung Posko Kabanjahe, Jhonson Taringan, mengatakan, jumlah pengungsi tersebut semakin berkurang karena setiap hari ada saja warga yang pulang ke desa dan rumahnya.

Sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Karo dan Satgas Penanggulangan Bencana belum dapat memastikan kapan akan berakhirnya aktivitas Gunung Sinabung itu.

"Karena status Gunung Sinabung tersebut masih tetap bertahan di level "Awas" dan masyarakat yang berada di bawah radius 5 kilometer harus mengungsi ke tempat yang aman," kata Jhonson, seperti dimuat Antara.

Pemkab Karo masih terus memantau sebagian pengungsi yang telah pulang ke desa dan rumah mereka yang berada di luar radius lima km dari kawah Sinabung. "Pengungsi yang kembali ke desa tersebut berada di zona aman dari erupsi Gunung Sinabung," ujar juru bicara Pemkab Karo.

Data Posko Penanggulangan Bencana Sinabung di Kabanjahe menyebutkan sudah 16 desa dihuni kembali oleh pengungsi. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi meningkatkan status Gunung Sinabung dari level "Siaga" menjadi "Awas" terhitung mulai Minggu 24 November 2013, sekitar pukul 10.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini