Sukses

Bogor Hujan Terus, Bendungan Katulampa Siaga IV

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya sejak Sabtu dini hari, waspada!

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya sejak Sabtu dini hari, mengakibatkan debit air di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat kembali naik mencapai ketinggian 80 centimeter atau tahap Siaga IV. Padahal ketinggian di bendungan tersebut, sebelumnya sempat turun menjadi 50 cm atau level normal.

"Volume air di Sungai Ciliwung sempat mengalami penurunan sejak kemarin. Namun karena di wilayah Puncak seperti Rindu Alam, Taman Safari dan Gadog turun hujan sejak pagi hari, mengakibatkan ketinggian air naik lagi sekitar pukul 17.00 WIB," ujar Kepala Bendungan Katulampa, Andi Sudirman kepada Liputan6.com saat dihubungi, Sabtu (1/3/2014).

Lanjut Andi, diperkirakan volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini sebanyak 90 ribu liter per detik. "Namun angka ini bisa bertambah jika di Puncak terus mengalami hujan," ujarnya.

Andi menyatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan Depok. Hal itu dilakukan guna terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk terus waspada dan berhati-hati dengan kondisi saat ini," imbau dia.

Cuaca saat ini di wilayah Bogor masih hujan dengan intensitas sedang dan lebat. Bila hujan terus terjadi hujan selama beberapa jam ke depan, kemungkinan volume air akan bertambah. (Anri Syaiful)

Baca juga:

Kini Bendungan Katulampa `Banjir` Sampah

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini