Sukses

[VIDEO] Wisata Kelud Baru Pulih 3 Tahun Lagi

Meski status sudah diturunkan menjadi Waspada, Gunung Kelud masih berbahaya bagi wisatawan. Butuh waktu hingga 3 tahun lagi.

Liputan6.com, Kediri - Letusan Gunung Kelud kali ini memunculkan danau atau cekungan dengan diameter 400 meter. Keadaan ini tentu berbahaya jika dibuka untuk objek wisata.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (1/3/2014), menurut Penanggung Jawab Gunung Berapi Jawa Tengah dan Jawa Timur PVMBG Umar Rosadi, dibutuhkan waktu 3 tahun supaya danau terisi air hujan dan aman dikunjungi.

Kendati demikian, sejumlah wisatawan tetap nekat mendatangi areal 3 kilometer dari kawah Kelud. Mereka ingin melihat langsung kondisi Kelud pasca-erupsi pada 13 Februari lalu.

Walau dinyatakan masih berbahaya, Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mulai besok atau Minggu akan membuka kawasan Gunung Kelud. Para wisatawan bisa mendaki hingga radius 3 kilometer dari kawah. (Tanti Yulianingsih)

Lihat juga:


[VIDEO] Status Kelud Turun Jadi Waspada, Zona Aman 3 Km

[VIDEO] Prahara Gunung Kelud

[VIDEO] Lihat! Anak Gunung Kelud Berubah Menjadi Danau

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini