Sukses

Jokowi Tebar `Virus` Blusukan di Surabaya

Jokowi didaulat menjadi pembicara dalam Kuliah Umum bertema 'Memperkokoh Kebhinnekatunggalikaan Indonesia' di Universitas Surabaya (Ubaya).

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo didaulat menjadi pembicara dalam Kuliah Umum bertema 'Memperkokoh Kebhinnekatunggalikaan Indonesia' di Universitas Surabaya (Ubaya). Ia berbagi pengalamannya ketika menjabat sebagai Walikota Solo dan kini sebagai Gubernur Jakarta.

Seperti kebiasaan blusukannya di Jakarta, politisi PDIP yang akrab disapa Jokowi itu menjelaskan tujuannya adalah untuk mengetahui keadaan warga dengan sesering mungkin berjabat tangan dengan mereka.

"Bagaimana kita bisa tahu keadaan warga, kalau kita tidak berinteraksi secara langsung oleh warga," tutur Jokowi di Surabaya, Sabtu (1/3/2014).

Dari berjabat tangan, berinteraksi dan berbicara langsung dengan masyarakat, menurutnya, pemimpin bisa tahu kebutuhan apa saja yang diperlukan warganya.

"Dengan kegiatan tersebut saya bisa memutuskan atau membuat kebijakan dengan adanya Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Jakarta Pintar," tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, dengan bermusyawarah dengan warga maka seorang pemimpin bisa menyelesaikan permasalahan dengan tepat, tanpa adanya tindakan yang anarki.

"Sepertinya halnya perpindahan penduduk atau perpindahan pedagang kaki lima di Jakarta, saat saya mau berbicara dengan mereka, perut mereka harus dibuat kenyang dulu, dan ketika sudah kenyang, baru saya tanya mau pindah apa tidak. Kan perutnya sudah kenyang dan akhirnya mereka rata-rata menjawab: iya Pak," pungkas Jokowi. (Shinta Sinaga)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • blusukan

Video Terkini