Sukses

Habibie Hibahkan 50 Hektar Tanahnya untuk Seluruh Kampus di Gorontalo

Dalam memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Gorontalo, Habibie juga menceritakan perjalanan hidupnya dengan tema arti 'cinta'.

Liputan6.com, Gorontalo - Mantan Presiden Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie, ternyata tak hanya peduli pengembangan pesawat dalam negeri. Ia juga sangat menaruh perhatian terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Hal tersebut  terbukti saat Pria kelahiran 25 Juni 1936 ini menghibahkan tanahnya seluas 50 hektar untuk pengembangan dan pembangunan seluruh universitas yang ada di provinsi Gorontalo.

"Saya mewakili keluarga Habibie akan menyumbangkan 50 hektar tanah untuk pembangunan semua kampus di Gorontalo," kata Habibie saat memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Gorontalo, Jumat 28 Februari 2014.

Saat memberikan kuliah umumnya, Habibie menceritakan perjalanan hidup dengan tema 'Arti Cinta'. Di hadapan ribuan mahasiswa, ia menceritakan kesuksesan buku yang berjudul 'Ainun Habibie', yang berhasil menembus jutaan pembaca hingga d imanca negara.

"Saya ingin sedikit bercerita tentang buku 'Ainun Habibie', yang hingga kini telah diubah dalam 5 bahasa, yakni bahasa Arab, China, Inggris, Jerman, dan bahasa Jepang," ungkapnya.

Bahkan, Habibie juga menceritakan kisahnya saat bersama-sama dengan mendiang istrinya, almarhumah Ainun. "Di saat-saat akhir Ainun, bahkan saya tidak tahu kalau dia sakit, bahkan pada saat 1 minggu paska meninggalnya Ainun, saya hanya bisa menangis seperti anak kecil yang mencari Ainun," kisahnya.

"Ketika Ainun sakit, saya sakit, dia senang saya senang, dia sedih saya sedih, dan ketika dia sukses maka saya berada di sampingnya untuk memberikan dukungan," tutur Habibie.

Di akhir kuliah umumnya, Habibie menjelaskan bila dirinya akan selalu berimbang dalam masalah cinta. Lantaran, hakikat manusia adalah mencintai dan dicintai. Dengan itulah, manusia dapat hidup damai di atas tanah yang dipijaknya.

"Para hadirin, jadi saya akan memilih dicintai dan mencintai, karena saya juga manusia biasa, yaitu memberi dan diberi cinta," pungkas Habibie.

Di Gorontalo sendiri, Presiden ke-3 Indonesia itu memiliki beberapa agenda. Salah satunya adalah meresmikan jalan Prof. DR.Ing. BJ Habibie dan Alwi Abdul Jalil Habibie yang terletak di desa Poowo Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. (Raden Trimutia Hatta)

Baca Juga:

Wejangan Habibie untuk Hatta, Ical, Prabowo dan Wiranto

Keluarga Mita Diran Tahlilan, BJ Habibie Kirim Karangan Bunga

'Habibie & Ainun' Bersaing Ketat dengan 'Belenggu' di FFI 2013

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.