Sukses

Martin Gerindra: Sutarman-Badrodin Kombinasi Apik di Polri

"Bila Kapolri Sutarman berpasangan dengan Badrodin akan menjadi kombinasi yang apik," ujar anggota Komisi III DPR Martin Hutabarat.

Liputan6.com, Jakarta - Komjen Pol Badrodin Haiti disebut Kapolri Jenderal Pol Sutarman menggantikan Komjen Pol Oegroseno sebagai Wakapolri. Komposisi itu pun ditanggapi oleh anggota Komisi III DPR Martin Hutabarat.

"Bila Kapolri Sutarman berpasangan dengan Badrodin akan menjadi kombinasi yang apik," ujar Martin saat dihubungi di Jakarta, Jumat (28/2/2014).

"Dia sudah familiar dengan Komisi III, dan ini kombinasi yang baik dengan Kapolri sekarang. Karena punya semangat reformis di kepolisian. Mereka sama-sama low profile," tambah Martin.

Menurut Martin, pemilihan Badrodin merupakan pilihan tepat Presiden SBY. Sebab, pria yang saat ini menjabat Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) itu, merupakan lulusan terbaik di angkatannya dan tercatat sudah melaksanakan tugasnya dengan baik selama ini.

"Saya kira ini pasangan serasi untuk melakukan reformasi di tubuh Polri," jelas politisi Gerindra itu.

Kapolri Jenderal Sutarman menyatakan telah mengeluarkan Telegram Rahasia (TR) untuk menunjuk Wakapolri penggantinya adalah Komjen Pol Badrodin Haiti.

Namun, Sutarman tak begitu gamblang menjelaskan rinci alasan penunjukan Badrodin sebagai Wakapolri. Yang jelas, menurut Sutarman, penunjukan itu sudah melalui berbagai pertimbangan.

Sementara, siapa pengganti Badrodin Haiti sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam), Sutarman mengaku sudah ada. "Pengganti Badrodin sudah ditentukan," pungkas Sutarman.

Badrodin Haiti merupakan alumnus terbaik Akademi Kepolisian 1982 dan meraih Adhi Makayasa. Pria kelahiran Paleran, Umbulsari, Jember, Jawa Timur, 24 Juli 1958 itu pernah menjabat berbagai posisi strategis. Antara lain, Kapoltabes Medan, Dir Reskrim Polda Jatim dan Kapolwiltabes Semarang.

Badrodin juga pernah menjabat sebagai Kapolda Banten, Kapolda Sulawesi Tengah, Kapolda Sumatera Utara, Kadivkum Polri, Kapolda Jawa Timur, Staf Ahli Kapolri, Asisten Operasi Kapolri, serta Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri. (Shinta Sinaga)

Baca juga:

Wakapolri Baru, Komjen Badrodin Haiti

Oegroseno Pensiun, Wakapolri Baru Harus Luwes di Tahun Politik

6 Kandidat Calon Wakapolri Versi IPW

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini