Sukses

Korea Utara Luncurkan 4 Rudal ke Laut Jepang

Peluncuran rudal itu terjadi saat Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) menggelar latihan militer bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Korea Utara meluncurkan 4 rudal jarak pendek ke laut Timur atau yang juga dikenal sebagai laut Jepang. Rudal tersebut diluncurkan pada Kamis 27 Februari 2014.

Menteri Pertahanan Korea Selatan enggan menjawab apakah peluncuran rudal ini pertanda serangan. Dia justru mengatakan akan membeberkan lebih rinci pada konferensi pers.

Seperti dikutip Liputan6.com Jumat (28/2/2014) dari laman CNN, peluncuran rudal itu terjadi saat Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) menggelar latihan militer bersama. Latihan militer bersama secara rutin memicu ketegangan antara Korea Utara , Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Misalnya, latihan militer tahun lalu, membuat hubungan Korut dan Korsel memanas.

Namun, arah penembakkan tidak jelas apakah rudal ditembakkan ke arah latihan atau bukan. Sebab, para militer Korea Selatan dan AS pun tidak spesifik membeberkan dimana mereka latihan.

Terkait hal ini, sebagian besar pengamat mengatakan Korea Utara memang memiliki banyak senjata militer konvensional, termasuk jarak menengah rudal balistik yang dapat membawa bahan peledak tinggi untuk ratusan mil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini