Sukses

Pengamat: Ahok Ikut Blusukan Sinyal Gantikan Jokowi Bikin Heboh

Saat ini yang juga menjadi tanda tanya besar di masyarakat adalah apakah Jokowi nanti akan diusung menjadi calon presiden pada Pemilu 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Ahok blusukan bersama Jokowi pada Kamis 27 Februari. Ini merupakan kali pertama mereka terjun bersama meninjau kondisi warga Jakarta. Keikutsertaan Wakil Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama ini ikut blusukan menimbulkan banyak spekulasi.

"Semua heboh sekarang. Karena spekulasi, apakah ini sinyal mengantikan Jokowi?" ujar pakar Psikologi Politik dari Universitas Indonesia Hamdi Muluk kepada Liputan6.com, Jumat (28/2/2014).

Hamdi mengatakan, saat ini yang juga menjadi tanda tanya besar di masyarakat adalah apakah Jokowi nanti akan diusung menjadi calon presiden pada Pemilu 2014, sehingga dia perlu Ahok ikut blusukan.

"Ini tanda tanya besarnya. Oh jangan-jangan memang mempersiapkan. Tafsirnya menjadi jauh. Lalu di 'pas-pas' in ke mana-mana," kata Hamdi.

Namun demikian, menurut Hamdi, blusukan tersebut ini merupakan hal yang wajar. Seorang pemimpin di daerah terjun ke lapangan dan secara langsung bertemu dengan masyarakat ini sah-sah saja.

Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo yang dikonfirmasi terkaan-terkaan itu terus mengelak. Dugaan ‘sinyal-sinyal’ itu malah dia plesetkan. Yang jelas, kata dia, PDIP belum memutuskan siapa capresnya dalam pemilu tahun ini. Semua menunggu titah Megawati Soekarnoputri, sang Ketua Umum.

"Belum ada keputusan apa-apa dari Ibu Ketua Umum (Megawati), tunggu sampai tanggal 9 April dulu. Kalau sinyal HP saya bagus penuh pagi ini," ujar Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, Jakarta, Kamis 27 Februari 2014.

Baca juga:

Jokowi `Mengader` Ahok

Kesan Ahok Setelah Blusukan Bareng Jokowi: Lapar!

Blusukan Bareng Jokowi, Ahok: Kami Duet Capres dan Cawapres

Ditanya Sinyal Capres Jokowi, Tjahjo Kumolo: Sinyal HP Saya Penuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.