Sukses

`Curhat` Soal Masa Lalu, SBY Menitikkan Air Mata

"Setelah saya mendengar testimoni dari mahasiswi Bidikmisi, saya turut menitikkan air mata," kata SBY.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden SBY menghadiri acara Silaturahmi Nasional Bidikmisi 2014 di Menara Bidakara. Bidikmisi merupakan salah satu program beasiswa yang diberikan pemerintah melalaui Kementerian Penddidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) khusus untuk masyarakat yang kurang mampu.

Dalam acara tersebut, sebagai perwakilan peserta Bidikmisi 2014, salah satu mahasiswa asal Universitas Gadjah Mada (UGM) menyampaikan testimoni di hadapan SBY mengenai perjuangannya mendapatkan pendidikan dengan latar belakang orang yang tak mampu. Usai testimoni tersebut, dalam sambutannya SBY menceritakan masa lalunya tidak jauh berbeda dengan para peserta Bidikmisi 2014 tersebut.

"Setelah saya mendengar testimoni dari mahasiswi Bidikmisi, saya turut menitikkan air mata, karena itu yang saya dulu alami dan rasakan," ungkapnya di hadapan ratusan peserta Bidikmisi 2014 di Menara Bidakara, Jakarta, Kamis (27/2/2014).

SBY menceritakan, pada saat lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota kelahirannya, Pacitan, pada 1968, menjadi mahasiswa adalah cita-cita bagi segelintir orang yang memiliki latar belakang ekonomi mampu. SBY merupakan salah satu orang yang diselamatkan sejarah di tengah kondisi ekonomi belum seperti sekarang.

Kebijakan pemerintah saat itu belum memiliki kemampuan untuk menciptakan jaminan pendidikan bagi seluruh warga yang kurang mampu. Berbeda jika dibandingkan dengan sekarang yang saat ini memiliki beberapa program jaminan pendidikan seperti dana BOS dan sejumlah beasiswa bagi orang kurang mampu.

"Saya sendiri diselamatkan sejarah, ikut di Akademi Militer yang biayanya ditanggung negara, sehingga saya bisa mewujudkan mimpi-mimpi. Pengalaman itu yang membekas di hati saya," katanya.

Oleh karena itu, SBY mengamanatkan agar jangkauan program beasiswa seperti Program Bidikmisi diperluas, guna membantu siswa/siswi yang memiliki catatan akademik baik, untuk melanjutkan ke jenjang kuliah.

"Saya ingin mahasiswa pada saatnya nanti jika punya kemampuan, tebuslah apa yang negara berikan, dengan berjuang perangi kemiskinan. Hanya dengan cara itu negeri ini dapat bergerak maju menuju Indonesia yang semakin adil, aman demokratis dan sejahtera," harap SBY. (Shinta Sinaga)

Baca juga:

SBY: Seluruh Anak Indonesia Berhak Dapat Pendidikan

Presiden Luncurkan Program Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

Bahas Sejumlah Kerja Sama, SBY Bertemu Raja Yordania

Tinjau Situs Gunung Padang, SBY: Ini Kerja Besar

Naik Kereta Pangrango, SBY Tes Jalur `Reinkarnasi` Bogor-Sukabumi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini