Sukses

Polri: Pengganti Wakapolri Masih Proses

Humas Mabes Polri juga belum dapat memastikan apakah masa jabatan Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Oegroseno diperpanjang.

Liputan6.com, Jakarta - Masa tugas Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Oegroseno akan selesai pada akhir Februari 2014 ini. Namun sosok penggantinya hingga kini belum terlihat. Telegram Rahasia (TR) Kapolri pun masih dalam proses.

"Kapolri menjelaskan masih dalam proses," tegas Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F Sompie di Jakarta, Kamis (27/2/2014).

Ronny menepis anggapan bahwa proses pergantian wakapolri menemui kendala. Kendati, belajar dari pengalaman pergantian wakapolri antara Nanan Soekarna kepada Oegroseno beberapa waktu lalu, kabar pengganti sudah beredar kepada publik sebelum masa jabatan wakapolri berakhir.

"Humas saja belum tahu, wartawan sudah tahu. Keluar info pergantian kan biasanya beberapa hari sebelum pergantian itu," kata Ronny.

Mantan Kapolwiltabes Surabaya itu juga mengaku, tak mengetahui apakah masa jabatan Oegroseno akan diperpanjang atau tidak. "Saya belum tahu," ucapnya.

Indonesian Police Watch (IPW) menilai, proses pergantian Wakapolri Komjen Oegroseno berjalan sangat alot. Terkesan ada tarik-menarik yang kuat di lingkungan elit Polri untuk memilih antara jenderal bintang 3 senior yang akan segera pensiun dengan jenderal bintang 2 yang potensial.

IPW menyatakan, jabatan wakapolri bukanlah 'arisan' para jenderal yang akan segera pensiun. Sebab itu, kapolri yang memiliki hak preogatif dalam menentukan calon wakapolri sebaiknya memilih para perwira yang ada di korps Bayangkara itu.

Kapolri Jenderal Sutarman sebelumnya mengungkapkan, dirinya telah mengantongi 3 nama calon wakapolri. "Sudah ada. Yang pasti calonnya bintang 3 semuanya," kata Sutarman di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 25 Februari lalu.

Namun Sutarman enggan menyebut detail identitas jenderal bintang 3 itu--yang akan diajukan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Pokoknya bintang 3 semuanya, dan sudah siap dari dulu bintang 3 nya," tandas Sutarman.

Sementara jenderal bintang 3 yang saat ini menjabat di Mabes Polri antara lain Komjen Badrodin Haiti, Komjen Anton Bahrul Alam, Komjen Anang Iskandar, Komjen Budi Gunawan, dan Komjen Supardi Parto serta Komjen Suhardi Alius. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

IPW: Kursi Wakapolri Bukan `Arisan Jenderal`

Wakapolri Oegroseno Didukung Jadi Pimpinan KPK

Sutarman Sudah Kantongi Nama Calon Wakapolri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini