Sukses

Ahok Geram Rusun Pemprov DKI Malah Disewakan Warga

Pemprov DKI juga menemukan beberapa oknum ketua RT dan ketua RW yang ikut terlibat dalam proses sewa menyewa rusun.

Liputan6.com, Jakarta - Niat baik pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan tempat tinggal layak secara gratis untuk beberapa bulan di Rumah Susun (Rusun) Sederhana untuk warga yang direlokasi, tetapi malah dimanfaatkan oleh segelintir warga tersebut untuk mendapatkan keuntunggan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan, sejumlah unit Rusun di DKI ditemukan telah disewakan oleh penghuninya. Bahkan, juga ditemukan praktek jual beli rusun secara onlie hingga harga Rp 80 juta. Padahal, rusun tersebut diperuntukkan untuk warga kurang mampu dan tidak diperdagangkan oleh Pemprov DKI.

"Masalahnya, sewain rusun ke tangan pihak ketiga. Ada juga yang jual online unit rusun hingga Rp 80 juta," ungkap pria yang akrab disapa Ahok itu di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (26/2/2014).

Ahok mengaku, praktek tersebut sudah terjadi sejak setahun yang lalu. Karena itu, pihaknya melakukan penelusuran ke rusun-rusun Ibukota. Bahkan, beberapa unit kamar rusun telah disita atau disegel ketika diketahui telah disewakan.

Lebih lanjut, Ahok menjelaskan, Pemprov DKI juga menemukan beberapa oknum seperti ketua RT dan ketua RW yang ikut terlibat melancarkan proses sewa menyewa rusun tersebut.

"Sudah ada yang ngaku. Satpamnya juga ngaku. Sudah kita dapat. Kita sita. Lepas. Sita. Lepas. Terus main. Itu masalah sosial," imbuh mantan Bupati Belitung Timur itu.

Disisi lain, Kepala Dinas Perumahan DKI Jonathan Pasodung mengungkapkan, dari sidak yang ia lakukan, ditemukan sebanyak 111 unit rusun yang ternyata disewakan penghuninya ke pihak ketiga.

"Ada 17 unit Rusun Marunda, 45 unit di Rusun Pinus Elok, 44 unit di Rusun Cakung Barat. Sama  5 hunian di Rusun Pulogebang," ungkapnya. YUS

 

Baca Juga:

Rusun Tak Tampung Warga Kampung Pulo, Pemprov DKI Dicap Tak Siap

Masih Banjir 2 Meter, Kampung Pulo Kembali Diguyur Hujan
Jokowi Ingin Pindahkan Warga Kampung Dalam ke Rusun - See more at: http://news.liputan6.com/read/835958/rusun-tak-tampung-warga-kampung-pulo-pemprov-dki-dicap-tak-siap#sthash.5YcHivHU.dpuf

Jokowi Ingin Pindahkan Warga Kampung Dalam ke Rusun

Walikota Jaktim: Warga Kampung Pulo Harus Pindah, Itu Harga Mati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini