Sukses

[VIDEO] Kebakaran Hutan Meluas ke Taman Suaka Margasatwa

Asap membubung tinggi dari areal Taman Suaka Margasatwa, Giam Siak Kecil, Bukit Batu, Riau.

Liputan6.com, Riau Asap membubung tinggi dari areal Taman Suaka Margasatwa, Giam Siak Kecil, Bukit Batu, Riau. Dari luas areal 100.000ha, kini sekitar 1.200ha hangus terbakar. Kobaran api juga bahkan semakin meluas.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (26/2/2014), angin dan cuaca kering semakin memperburuk kondisi. Pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit menjadi latar belakang terbakarnya taman suaka itu.

Pemerintah Daerah Riau menyatakan, 7 dari 12 kabupaten dan kota di provinsi itu tengah menghadapi kasus pembakaran lahan serius. Hal ini mendorong pemerintah untuk menetapkan status kejadian luar biasa kebakaran.

Lahan Satelit Terra dan Aqua mencatat jumlah titik api di seluruh Riau sudah melebihi 1.000 titik api.

Asap kebakaran yang sudah 2 pekan melanda membuat warga terserang penyakit. Data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, sekitar 22.000 warga terserang ISPA. Dari jumah itu, sebagian besar penderita adalah anak-anak. Hampir semua Puskesmas di Riau dan Pekanbaru dibanjiri oleh pasien ISPA.

Sementara itu, di kota Jambi terlihat kabut asap tipis.

Kabut asap tipis tersebut berasal dari kebakaran lahan gambut terjadi di Desa Nalo Tantan, Muaro Jambi, Jambi. Lahan gambut kosong seluas 1 ha terbakar dan asap mengepul.

Walaupun tak terlihat secara kasat mata, luas lahan yang terbakar terus bertambah. Dan meski demikian, tak tampak petugas yang memadamkan api.

 

Baca Juga:

[VIDEO] Riau Dalam Situasi Kasus Luar Biasa Asap 

Terjadi Peningkatan, Satelit Terra Deteksi 673 Titik Api di Riau  

Padamkan Api dari Udara, Pemprov Riau Siapkan 2 Helikopter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini