Sukses

Deklarasi Capres Jokowi Digelar Sebelum Pileg?

Saat ditanya wartawan terkait desas-desus itu, Gubernur DKI itu sempat terdiam sejenak.

Liputan6.com, Jakarta Maju atau tidaknya Jokowi sebagai calon presiden dari PDIP masih misterius. Berbagai spekulasi pun bermunculan. Beredar kabar Megawati Soekarnoputri selaku Ketua umum PDI Perjuangan telah merestui Jokowi sebagai capres dan akan melakukan deklarasi sebelum Pemilu legislatif (Pileg) yang akan berlangsung April 2014.

Saat ditanya wartawan terkait desas-desus itu, Gubernur DKI itu sempat terdiam sejenak. Raut wajahnya pun berubah menjadi serius. Ia kemudian menutup mulutnya pertanda tak mau menjawab pertanyaan itu.

Namun demikian, lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM) itu bertanya dari mana informasi tersebut berasal. "Itu kabar dari mana? Siapa yang ngomong?" tanya Jokowi di Balaikota, Jakarta, Rabu (26/2/2014).

Ia pun mengaku tak mau mengeluarkan pernyataan apapun terkait hal seputar masalah pencapresan, walaupun dukungan terhadap Jokowi di internal PDIP cukup besar. Tak hanya dari PDIP, dukungan juga muncul dari berbagai elemen masyarakat yang membentuk barisan relawan pada tiap daerah untuk mendesak Jokowi maju sebagai capres.

"Kalau itu tanya ke partai," ucap Jokowi singkat.

Menurut salah satu pendukung Jokowi yang mengaku tergabung dalam Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP), belum ditetapkannya capres PDIP itu lantaran ada kepentingan tertentu. Ia menduga ada pihak yang berusaha meyakinkan Megawati untuk kembali maju pada Pilpres 2014.

"Orang-orang dekat Ibu Megawati berlomba-lomba meyakinkan bahwa Ibu Megawati masih didambakan untuk maju dalam Pilpres 2014," ujar Sekjen DPP Bara JP, Utje Gustav dalam keterangan persnya, Jakarta, Minggu (16/2/2014).

Menurut Utje, meski masih meyakini Megawati sebagai 'Penyambung Lidah Rakyat' kedua setelah Bung Karno, namun Ketua Umum PDIP tersebut diharapkan tidak mendapatkan informasi yang salah dari luar maupun internal partainya.

"Banyak pihak di luar PDIP yang berusaha mendekati orang dekat Megawati agar memberikan masukan salah kepada Megawati. Kiranya ini perlu diwaspadai serius," ungkapnya. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Ada Orang Dekat `Ngompori` Mega Agar Tetap Maju Jadi Capres?
Duet `Jk-JK` Menguat, Jokowi: Gimana Ya?
Jokowi Jadi Cawapres, PDIP Diramalkan Bakal `Pecah`

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini