Sukses

Bagea, Kue Unik, Cemilan Khas Ternate

Masyarakat Indonesia Timur populer dengan makanan berbahan dasar sagu.

Liputan6.com, Jakarta Citizen6, Jakarta: Masyarakat Indonesia Timur populer dengan makanan berbahan dasar sagu, makanan pokok ini biasa dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat Papua, Maluku, Manado dan Ternate.

Masyarakat bagian Timur biasa membuat berbagai macam panganan berbahan dasar sagu, salah satunya Bagea cemilan khas masing-masing daerah di bagian Timur itu.

Kue Bagea merupakan kue kering yang bahan utamanya sagu dan bahan tambahan kenari, gula, kayu manis dan berbagai rempah-rempah. Meskiun sedikit keras karena berbahan dasar sagu tetapi kue ini banyak peminatnya terutama para pengunjung yang mengunjungi kota ini.

Rasa Bagea yang gurih dan tidak terlalu manis serta didominasi potongan kenari membuat anda tak berhenti mengunyahnya. Aroma yang keluar saat membuka Bagea yang dibungkus dengan daun enan atau daun lontar semakin memberi aroma khas cemilan tersebut.

Kemasan yang masih menggunakan daun bahkan sekarang dimodifikasi dengan menggunakan kertas karton membuat Bagae semakin dilirik pembeli. Biasanya masyarakat Ternate menyantapnya saat sore dan malam hari dengan secangkir teh tawar hangat dan kopi hitam.

Tidak perlu khawatir banyak toko yang menjajakan oleh-oleh khas Ternate ini, dengan harga kisaran Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu anda bisa membeli sebagai buah tangan untuk keluarga. (Yulee)

 Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.