Sukses

BNPB: Pulau Jawa Sangat Rentan Bencana

Tahun ini BNPB mencatat, kejadian bencana terbanyak di Jawa Tengah yakni 89 kejadian, Jawa Timur 73 Kejadian, dan Jawa Barat 60 kejadian.

Liputan6.com, Jakarta Bencana yang datang silih berganti di awal 2014 menimbulkan banyak korban, kerusakan, dan kerugian. Berdasarkan sebaran kejadian bencana, bencana sangat rentan muncul di Pulau Jawa.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Pulau Jawa merupakan pulau yang paling rentan terjadi bencana. Sebab, daya dukung dan daya tampung lingkungan sudah terlampaui. Sekitar 130 juta jiwa penduduk tinggal di Jawa atau 59% dari penduduk Indonesia.

"Dari total kejadian bencana, Jawa sangat rentan terhadap bencana, 59% penduduk Indonesia tinggal di Jawa dan mereka tinggal di daerah rawan bencana," kata Sutopo di Kantor BNPN, Jl Ir H Juanda No 36, Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2014).

Sutopo menjelaskan, tingginya angka kependudukan di Jawa otomatis pembangunan pun ekstraktif dilakukan. Hal ini yang akhirnya menyebabkan kerusakan lingkungan. "Ini justru yang menyebabkan kerusakan lingkungan," tandas Sutopo.

BNPB mencatat, kejadian bencana terbanyak adalah di Jawa Tengah (89 kejadian), Jawa Timur (73 Kejadian), Jawa Barat (60 kejadian). Gunung Kelud juga memiliki dampak luar biasa di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, disusul bencana banjir, longsor, dan berbagai bencana alam lain.

Dari 372 bencana, terdapat bencana banjir sebanyak 40%, longsor 26%, puting beliung 25%, banjir dan longsor 3%, dan sisanya adalah gelombang pasang, gempa, gunung meletus, kebakaran lahan dan hutan, dan sebagainya. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini