Sukses

Sidak Kecamatan Penjaringan, Jokowi: Buat Akta Lahir Gimana?

Setibanya di kantor kecamatan, Jokowi langsung menuju ke ruang pelayanan terpadu.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Kedatangan Jokowi ini untuk melihat pelayanan masyarakat di kecamatan tersebut.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (26/2/2014), setibanya di kantor kecamatan, Jokowi langsung menuju ke ruang pelayanan terpadu. Di sana Jokowi langsung menuju kemeja pelayanan dan bertanya kepada salah seorang petugas pembuat akta kelahiran.

"Buat akta kelahiran gimana? Butuh berapa lama waktunya? Prosesnya gimana?" tanya Jokowi.

"Kalau untuk akta 5 hari Pak, domisilinya gimana. Tapi kalau untuk prosesnya pendataannya cepat Pak. Sekali datang, bisa ditunggu," ujar petugas tersebut.

Setelah mengecek kesiapan para petugas, Jokowi kemudian melihat salah satu bagian sudut di ruang pelayanan terpadu semacam kafe mini berisi berbagai macam minuman kopi dan teh dan gula yang disediakan gratis bagi warga.

"Kalau di tempat-tempat lain cuma disediain air saja, tapi di sini hebat. Ada kopi ada tehnya, enak banget," ujar Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu pun kemudian mempersilakan warga yang sedang menunggu di tempat antrean untuk menikmati sajian yang telah disediakan oleh petugas kecamatan. "Ayo Bapak dan Ibu ini diminum, wong sudah disediakan kok," kata Jokowi.

Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi kemudian sempat melihat arena bermain anak yang luasnya sekitar 2x2,5 meter. Di arena tersebut, terdapat sebuah seluncur dan kursi kecil dengan beralaskan karpet berwarna-warni. Jokowi sempat menyapa salah satu ibu yang sedang menunggu anaknya bermain.

"Lagi antre apa Bu?,"tanya Jokowi. "Mau buat akta kelahiran Pak. Sambil tunggu antrean lumayan ada tempat main anak-anak, jadinya nggak nangis," kata seorang ibu bernama Yuni itu.

Jokowi pun menganggap, keberadaan arena bermain sesuai dengan misi Kota Jakarta Utara untuk menjadi kota layak anak. "Kalau Ibu-ibu sambil bawa anak ini kan enak. Ini bagus, Jakarta Utara kan ingin menjadi kota layak anak," tandas Jokowi. (MUT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini