Sukses

Partai Kongres Menangi Pemilu India

Partai Kongres memenangi pemilu parlemen India. Namun, kemenangan itu belum cukup. Minimal dibutuhkan 18 kursi lagi untuk mecapai 272 kursi agar dapat membentuk pemerintahan.

Liputan6.com, New Delhi: Partai yang sedang berkuasa, Partai Kongres, Sabtu (16/5), dinyatakan memenangi pemilu parlemen India. Partai ini berhasil menyingkirkan Partai nasionalis Hindu (BJP) dan beberapa partai kecil lain.

Perdana Menteri India Manmohan Singh, mengatakan bahwa rakyat telah memberikan mandat besar pada Partai Kongres dan mitra koalisinya. "Partai ini akan tetap menghendaki pemerintahan yang kuat dan tetap memegang teguh prinsip sekuler," ujarnya.

Data Komisi Pemilihan Umum India menunjukkan, Partai Kongres dengan mitra koalisinya memperoleh  254 kursi. Akan halnya BJP, mendapat 153 kursi. Parta Kongres sendiri, tanpa mitra koalisi, hanya mendapatkan 204 kursi. Meski demikian, koalisi yang dipimpin Partai Kongres belum cukup untuk membentuk pemerintahan. Untuk kepentingan ini, mereka membutuhkan minimal 18 kursi lagi untuk mencapai 272 kursi.

Para pengamat mengatakan, kemenangan Partai Kongres disebabkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi selama masa pemerintahannya dan beberapa program pengentasan kemiskinan yang berjalan cukup sukses.(ISW/AP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.