Sukses

Tuntut Upah, Buruh Berunjuk Rasa

Buruh pabrik tekstil di Jakarta dan Sukoharjo berunjuk rasa. Mereka menuntut kasus penyelewenang di salah satu BUMN diusut tuntas dan hak normatif dipenuhi perusahaan.

Liputan6.com, Sukaoharjo: Ratusan buruh PT Pan Rama berunjuk rasa di halaman pabrik di Kawasan Telukan Sukoharjo, Jawa Tengah, kemarin. Mereka menuntut sejumlah hak pekerja yang selama ini diabaikan pihak perusahaan. Di antaranya kenaikan status karyawan dan gaji sesuai upah minimum regional.

Para buruh juga menuntut upah saat bekerja di hari libur serta pesangon bagi yang dirumahkan. Namun, tak ada satu pun pihak manajemen yang menemui pengunjuk rasa. Para buruh akhirnya mengadu ke DPRD Sukoharjo. Belum sempat menemui komisi IV DPRD yang membidangi masalah pekerja, polisi menghadang dan meminta massa bubar.

Di Jakarta, buruh pabrik tekstil PT Industri Sandang Nusantara berunjuk rasa di Kantor Departemen Perindustrian. Mereka menuntut tindak penyelewengan di salah satu badan usaha milik negara itu diproses secara hukum. Di antaranya, kebijakan tunjangan bagi direktur tanpa keputusan rapat umum pemegang saham. Serta penggelapan uang karyawan sebesar Rp 600 juta dan ribuan dolar Amerika Serikat.

Sejumlah perwakilan pengunjuk rasa diterima pejabat Departemen Perindustrian setempat untuk berdialog. Dialog yang terlalu lama membuat buruh lainnya lelah. Mereka akhirnya memanfaatkan waktu dengan melihat pameran sepatu. Mereka tak mengetahui hasil pembicaraan perwakilan buruh dengan pejabat di departemen yang juga komisaris perusahaan.(IKA/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini