Sukses

Korban Situ Gintung Terima Rp 5 Juta

Warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat jebolnya Situ Gintung mendapatkan santunan Rp 5 juta per kepala keluarga. Pemprov Banten telah menyiapkan posko penampungan bagi para korban.

Liputan6.com, Tangerang: Warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat jebolnya Situ Gintung mendapatkan santunan. Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah di Desa Cireunde, Tangerang, Jumat, (27/3), mengatakan, santunan diberikan untuk warga yang rumahnya rusak ringan. "Ada sekitar 250 rumah yang terkena. Terhadap masyarakat yang terkena bencana ringan mendapat santunan Rp 5 juta per kepala keluarga," jelasnya.

Menurut Atut, untuk menampung para pengungsi, Pemerintah Provinsi Banten telah menyiapkan posko penampungan yang dipusatkan di Universitas Muhammadiyah. Atut mengatakan Pemprov Banten akan membantu proses penguburan korban meninggal yang sampai kini telah berjumlah 49 orang. "Yang dikebumikan di luar provinsi akan difasilitasi pemda, dikoordinasi oleh wali kota," ujarnya.

Atut menjelaskan, saat ini Pemprov Banten telah menyalurkan bantuan sosial kemasyarakatan berupa pangan dan kesehatan untuk para pengungsi yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah. Sedangkan koordinasi dengan pemerintah pusat lebih bersifat pada penelitian dan penanggulangan sementara bendungan yang rusak dengan menggunakan dana APBN.(JUM/ANTARA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini