Sukses

Arca Peninggalan bersejarah Ditemukan Rusak

Si penemu arca menduga hanya membentur batu cadas. Namun setelah digali lebih dalam ternyata berbentuk arca yang terpendam sedalam lima meter. Sejumlah warga mengatakan di lokasi ini memang memiliki sejarah peninggalan Kerajaan Kediri.

Liputan6.com, Tulungagung: Seorang pencari batu menemukan arca berbentuk dewa di Desa Pucangan Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, baru-baru ini. Sayangnya arca ditemukan dalam kondisi rusak terkena alat penggali batu milik penambang. Kepala dan sebagian lengan arca bahkan hilang.

Menurut Kasdarani, si penemu arca, ia tidak sengaja merusak situs bersejarah tersebut. Ia menduga hanya membentur batu cadas. Namun setelah digali lebih dalam ternyata berbentuk arca yang terpendam sedalam lima meter. Sejumlah warga mengatakan di lokasi ini memang memiliki sejarah peninggalan Kerajaan Kediri.

Penemuan ini telah dilaporkan ke kepolisian dan pusat arkeologi di Trowulan serta museum daerah Kabupaten Tulungagung. Saat ini polisi telah menghentikan aktivitas penambangan batu dan memberi garis polisi di lokasi penemuan.(YNI/Danang Sumirat)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini