Sukses

Arca Museum Bala Putra Dewa Kembali Dicuri

Arca Buddha milik Museum Bala Putra Dewa, Palembang, digondol sekawanan pencuri. Belasan tahun silam arca itu juga dicuri, tapi kemudian ditemukan di Bali.

Liputan6.com, Palembang: Sepintas tak ada bagian dari Museum Bala Putra Dewa, Palembang, Sumatra Selatan, yang rusak. Tidak juga pintu-pintunya. Ternyata, salah satu koleksi penting museum ini hilang. Yaitu, arca Way Rocana, sebuah patung Buddha yang terbuat dari perunggu. Benda peninggalan abad IX Masehi itu dilaporkan lenyap dari museum pada 9 Maret silam.

Kerja keras polisi untuk mengusut pencurian arca itu tidak sia-sia. Sabtu (14/3) malam, polisi menangkap Rahmad, tersangka pencuri arca. Rahmad mengaku mencuri arca itu atas suruhan Hendra, seorang penggemar barang antik dengan upah Rp 1,2 juta. Oleh Hendra, arca digadaikan kepada Yogi senilai Rp 1,5 juta. Namun oleh Yogi, patung tersebut dititipkan ke rumah orang lain bernama Hasanuddin.

Kini keempat orang itu sudah ditangkap. Hanya saja, polisi tidak mengesampingkan kemungkinan arca itu akan dijual ke pasar internasional. Pada tahun 1992, arca tersebut juga dicuri dari Museum Bala Putra Dewa. Namun kemudian ditemukan lagi di Bali.

Di rumah Hasanuddin, selain arca Buddha, polisi juga menemukan benda purbakala lain berupa trisula. Polisi juga menyelidiki kemungkinan empat tersangka juga terlibat pencurian batu emas, pedang peninggalan zaman VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie), dan keris Kesultanan Palembang, yang lebih dulu hilang.(ANS/Ajmal Rokian dan Yanuar Ichrom)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini