Hasil Survei Perilaku Seksual di Kupang mengejutkan

  • Lain-lain
  • 0
  • 24 Jan 2009 00:36

Liputan6.com, Kupang: Hasil survei Knowledge Attitude Practice (KAP) Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), Provinsi Nusa Tenggara Timur menunjukkan, 31 persen remaja di Kota Kupang sudah pernah berhubungan seks. Survei itu dilakukan pada tahun 2006 dengan 500 responden pelajar SMP dan SMA. Demikian diungkapkan Direktur Pelaksana Harian PKBI NTT, Markus Ali Brandi di Kupang, Jumat (23/1).

Dari hasil survei itu pula juga menunjukkan, 18,8 persen kasus HIV-AIDS di Kota Kupang terjadi pada remaja usia 15-24 tahun. Bahkan, dari data layanan klinis mencatat, 318 kasus IMS pada remaja berusia antara 11-24 tahun dengan orientasi seksual (gay), dengan tingkat pengetahuan kesehatan produksi (kespro) IMS, HIV-AIDS masih sangat rendah.

Dia mengatakan, pada tahun 2008 dilakukan survei kembali. Dalam survei itu melibatkan remaja sekolah pada tiga sekolah menengah sebanyak 3.759 orang dengan responden yang terlibat sebagai sampel survei sebanyak 356 orang. Lokasi survei dilakukan pada SMP Negeri 6, SMAN 3 dan SMKN 1 dengan waktu survei 13-23 Desember 2008.

Dia menambahkan, tujuan survei itu adalah untuk memperoleh gambaran komprehensif kapasitas pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi remaja, IMS dan HIV-AIDS guna menentukan strategi intervensi program KRR dan HIV-AIDS bagi remaja sekolah. Selain itu, untuk mengidentifikasi kebutuhan remaja terhadap layanan program KRR dan HIV-AIDS spesifik remaja berbasis sekolah, katanya.(ADO/ANTARA)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler