Sukses

Indonesia Negara Paling Boros Energi

Indonesia negara paling boros energi dibanding banyak negara di dunia seperti Prancis, Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Inggris, Jerman, bahkan dibanding Malaysia dan Thailand.

Liputan6.com, Jakarta: Indonesia negara paling boros energi dibanding banyak negara di dunia seperti Prancis, Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Inggris, Jerman, bahkan dibanding Malaysia dan Thailand. "Jargon kita biar miskin asal sombong harus diubah," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Evita Legowo dalam sebuah kesempatan di Depok, Jawa Barat, Rabu (10/9).

Ia menerangkan, konsumsi energi per kapita Indonesia memang kecil, yakni 0,467 konsumsi energi (tonnes of oil equivalent/toe) per kapita dibanding misalnya Jepang 4,14 toe per kapita. Namun, intensitas energi Indonesia sampai 470 toe per juta dolar AS produk domestik bruto (PDB). Sementara Jepang hanya 92,3 toe per juta dolar AS PDB.

Dengan demikian, perbandingan elastisitas pemakaian energi Indonesia menjadi sangat tinggi, yakni 1,84. Sementara Jepang hanya 0,1, sedangkan Malaysia 1,69, Thailand 1,16, Prancis 0,47, AS 0,26, Kanada 0,17, Inggris -0,03 dan Jerman -0,12.

Karena itu, sebagai negara boros dan yang 51,66 persen kebutuhan energinya dipasok oleh minyak, Indonesia sempat terkejut atas terjadinya kenaikan harga minyak mentah dunia.

Evita menegaskan, hanya negara yang memiliki efisiensi energi yang tinggilah yang tidak terpengaruh oleh harga minyak. Demikian pula, negara yang segera mengembangkan energi alternatif dan negara yang memiliki kebijakan harga energi sesuai mekanisme pasar.(ANS/ANTARA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.