Sukses

Sebelas Ribu Lebih Atlet-Ofisial Memeriahkan PON

Tuan rumah Kaltim merupakan kontingen dengan jumlah peserta terbanyak, yakni 1.424 orang. Sedangkan provinsi paling sedikit mengirimkan peserta pada PON kali ini adalah Gorontalo yang hanya berkekuatan 62 atlet.

Liputan6.com, Samarinda: Ada sekitar 11.299 atlet dan ofisial dari 33 provinsi di Indonesia mengikuti Pesta Olahraga Nasional XVII di Kalimantan Timur, yang dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Stadion Utama Palaran, Samarinda, Sabtu (5/7) malam. PON XVII digelar di sejumlah kabupaten dan kota di Kaltim, di antaranya Balikpapan, Samarinda, Bontang, Tenggarong, Tarakan dan Berau [baca: PON Resmi Dibuka Malam ini].

Data yang dihimpun ANTARA dari Panitia Besar PON XVII menyebutkan, jumlah atlet dalam ajang yang berlangsung pada 5-17 Juli 2008 itu mencapai 7.608 orang. Sedangkan jumlah ofisial mencapai 3.691 orang. Tuan rumah Kaltim merupakan kontingen dengan jumlah peserta terbanyak, yakni 1.424 orang (1.020 atlet dan 404 ofisial). Mereka akan turun pada seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni 43 cabang.

Sedangkan provinsi paling sedikit mengirimkan peserta pada PON kali ini adalah Gorontalo yang hanya berkekuatan 62 atlet dan sejumlah ofisial. Sementara juara umum PON empat tahun silam, DKI Jakarta, yang kali ini kembali berambisi mempertahankan gelar, datang ke Bumi Etam (julukan Kaltim) dengan kekuatan 757 atlet dan 283 ofisial dengan turun pada 42 cabang.

Adapun dua provinsi yang pada PON 2004 lalu berebut posisi runner up, yakni Jawa Timur dan Jawa Barat, kali ini pun diprediksi akan terlibat persaingan sengit dalam perburuan medali emas. Kontingen Jabar yang hingga Sabtu ini sudah merebut tiga medali emas melalui cabang catur, mengirimkan sebanyak 997 atlet dan ofisial. Sementara Jatim yang juara umum PON 2000, membawa 967 atlet dan ofisial.(ANS/ANTARA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.