Sukses

Sebanyak 2000 Pulau Akan Tenggelam pada 2030

Liputan6.com, Jakarta: Badan Riset Kelautan dan Perikanan (BRKP) Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) memperkirakan, jika kondisi iklim global masih seperti saat ini, 2.000 dari sekitar 17.000 pulau saat ini di Indonesia akan tenggelam pada 2030.

Kepala BRKP, Indroyono Susilo mengatakan, pemanasan global yang terjadi saat ini telah menimbulkan efek gas rumah kaca yang berdampak pada peningkatan suhu bumi. "Pemanasan suhu bumi tersebut akan menyebabkan es di kutub utara maupun kutub selatan akan melelah sehingga menambah tingkat permukaan air laut," katanya di sela-sela pemaparan rencana World Ocean Conference (WOC) 2009 di Manado Sulawesi Utara.

Indroyono memaparkan, pemanasan global dengan efek rumah kacanya yang berlangsung seperti saat ini akan menyebabkan kenaikan suhu bumi sekitar 1 derajat celsius dalam 100 tahun. Kenaikan suhu bumi tersebut memicu kenaikan permukaan laut hingga 1 meter dalam 100 tahun karena penambahan air dari lelehan es di kutub utara maupun selatan.

Menurut dia, kondisi tersebut bisa diantisipasi dengan melakukan pengurangan emisi gas karbon. Salah satu upaya mengurangi gas karbon, lanjutnya, dengan pemeliharaan biota laut seperti padang lamun, mangrove ataupun terumbu karang yang memiliki kemampuan menyerap gas karbon di udara hingga 246 juta ton per tahun.(YUS/ANTARA)
    Artikel Selanjutnya
    Wonderful Sail 2 Indonesia Berlayar Menuju Eksotisme Pulau Riung
    Artikel Selanjutnya
    27-8-1883: Dunia Terpana saat Krakatau Sekarat Lalu Meledak