Sukses

Sejuta Korban Topan Bangladesh Terlantar

Lebih dari sejuta orang korban Topan Sidr di Bangladesh membutuhkan bantuan perlindungan darurat. Bangladesh telah meminta bantuan kepada masyarakat internasional untuk membangun kembali daerah-daerah yang hancur dihantam topan.

Liputan6.com, Dhaka: Lebih dari sejuta orang korban Topan Sidr di Bangladesh tak memiliki penampungan utama. Mereka yang selamat dari amukan topan itu membutuhkan bantuan perlindungan darurat. Demikian disampaikan Federasi Internasional Palang merah dan Masyarakat Bulan Sabit Merah seperti dilansir Antara, belum lama ini.

Menurut data pemerintah, lebih dari 1,5 juta rumah hancur seluruhnya atau sebagian akibat Sidr. Topan menghantam negara miskin di Asia Selatan ini mulai 15 November dengan angin berkecepatan 250 kilometer per jam dan gelombang setinggi lima meter. Lebih dari 3.300 orang tewas.

Pada akhir November, Palang Merah Internasional mengeluarkan imbauan bantuan jangka panjang sebesar US$ 22,2 juta untuk lebih dari 1,2 juta korban Sidr. Bangladesh telah meminta bantuan US$ 2,2 miliar kepada masyarakat internasional untuk membangun kembali daerah-daerah pantai selatan dan barat daya termasuk Sundarbans, hutan bakau terluas dunia dan sebuah lokasi Pusaka Dunia.(TOZ/Antara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.