Sukses

Iklim Berubah, Jakarta Semakin Panas

Berdasarkan pantauan BMG, Suhu di Jakarta pada tahun 1870 adalah 26 derajat Celcius. Namun, dalam kurun waktu satu abad suhu meningkat 1,4 derajat Celsius.

Liputan6.com, Jakarta: Cuaca yang kian panas beberapa tahun terakhir membuktikan fenomena perubahan iklim telah benar-benar terjadi di Jakarta. Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi dan Geofisika, suhu di Jakarta pada tahun 1870 adalah 26 derajat Celcius. Namun, dalam kurun waktu satu abad suhu meningkat 1,4 derajat Celsius.

"Dengan kata lain, hingga tahun 2000 suhu Jakarta telah melonjak hingga rata-rata 27,82 derajat Celsius," kata Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan BMG Mezak Arnold Ratag kepada Antara. Ratag menambahkan, rasio kenaikan suhu 1,4 derajat Celcius dalam kurun 100 tahun di Jakarta, jauh lebih tinggi daripada rata-rata kenaikan suhu bumi yang cuma 0,7 derajat.

"Selisih tambahan 0,7 derajat celcius ini berarti selain pemanasan global, kenaikan suhu Jakarta juga berkombinasi dengan faktor lain seperti urbanisasi, berkurangnya pepohonan rindang dan lahan aspal yang terlalu dominan," kata dia.

BMG memantau kenaikan suhu dalam periode 100 tahun di 20 kota besar di seluruh Indonesia, uniknya, Jakarta bukanlah kota yang mengalami kenaikan suhu tertinggi.(Liputan 6)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini