Sukses

Frans Sukarya, Kolektor Miniatur Kereta Api

Mengoleksi mainan bukan hanya kegiatan anak-anak. Para orang dewasa juga gemar mengoleksi miniatur kereta dan mobil.

Liputan6.com, Jakarta: Frans Sukarya memiliki hobi mengoleksi dan membuat miniatur kereta api. Koleksi lelaki ini bahkan lengkap dengan diorama terowongan mirip aslinya. Dia mengkhususkan diri mengoleksi miniatur kereta dalam negeri, yakni kereta-kereta PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Orang dewasa yang gemar mainan tak hanya Frans. Ada juga kolektor lain yang menggemari miniatur mobil. Tak sembarang miniatur, tapi jenis Diecast yang dibuat dengan menggunakan cetakan dengan bahan besi campuran Alloy, Zinc, Aluminium, dan Magnesium. Diecast terbaik mampu mendesain miniatur dalam bentuk yang sangat detil. Semakin persis makin mahal pula harganya.

Keunikan dan kelangkaan mobil juga mempengaruhi harga. Miniatur Mercy tahun 1886 yang berskala Diecast 1:10 dari bentuk aslinya bisa memiliki harga hingga sekitar dua juta rupiah.(IRN/Harjuno Pramundito dan Teguh Prihantoro)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini