Sukses

Mahasiswa Tuntut Transparansi Anggaran Pendidikan

Kantor Dinas Pendidikan di dua daerah didemo mahasiswa dan pemuda. Di Serang, Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Banten didemo mahasiswa yang menuntut transparansi anggaran dan pendidikan gratis.

Liputan6.com, Serang: Sejumlah mahasiswa Banten berunjuk rasa di Kantor Dinas Pendidikan setempat, Rabu (6/5). Para mahasiswa minta Dinas terbuka dalam penggunaan anggaran pendidikan. Mahasiswa mensinyalir akibat anggaran pendidikan yang dikorupsi sejumlah program pendidikan terbengkalai. Padahal untuk meningkatkan program pendidikan, dananya diambil dalam APBN dan APBD Banten.

Salah seorang mahasiswa mengatakan, korupsi yang dilakukan pejabat pemda mengakibat kesempatan jutaan warga Banten memperoleh pendidikan yang layak sirna sudah. Karena itu mahasiswa mendesak aparat penegak hukum mengusut sejumlah kasus dugaan korupsi di tubuh Dinas Pendidikan.
 
Di Sukabumi, Jawa Barat, Forum Mahasiswa Peduli Pendidikan berunjuk rasa menuntut Dinas Pendidikan setempat menindak pejabat di bagian pengadaan sarana dan prasarana pendidikan. Pendemo juga mendesak Dinas merealisasikan anggaran dunia pendidikan sebesar 20 persen. Sebagai bentuk kekecewaan pendemo melakukan jalan mundur sebagai simbol dunia pendidikan di Kabupaten Sukabumi berjalan mundur. Aksi mahasiswa tersebut mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian.

Menurut para mahasiswa, tidak adanya niat Pemda Sukabumi untuk merealisasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen membuktikan tidak adanya kepedulian Dinas terhadap kondisi pendidikan yang terjadi saat ini.(IAN/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.