Sukses

Sanggar Bambu Kreasi, Wadah Para Tuna Karya

Sanggar ini menampung para pengangguran di Kedung Badak, Bogor. Mereka berkreasi membuat replika perahu dan desain lainnya berbahan dasar bambu.

Liputan6.com, Bogor: Sanggar Bambu Kreasi adalah lahan usaha yang didirikan sebagai penampungan pengangguran di Kedung Badak, Bogor, Jawa Barat. Sanggar ini memproduksi kerajinan tangan berbahan dasar bambu. Mereka mengolah bambu menjadi aneka macam replika unik nan kreatif.

Pengelola sanggar, Sri Hadi, mengatakan pemuda di wilayah tersebut umumnya menekuni kerajinan replika perahu. Baru kemudian muncul ide merekrut mereka dalam satu wadah. Sri mengawali usaha dengan modal pas-pasan. Dia bersama 10 rekannya menggunakan modal untuk berbelanja bambu, pisau serut, lem kayu, dan alat pendukung lain.

Proses pembuatan dimulai dengan membelah bambu menjadi lembaran tipis. Selanjutnya bambu dipola dan disusun membentuk perahu lengkap dengan layar dan detil lainnya. Bambu yang telah terbentuk kemudian diamplas dan diberi vernis. Untuk mempercantik tampilan, replika perahu dikemas dalam sebuah kotak kaca. Para anggota Sanggar Bambu Kreasi berbagi tugas menyelesaikan pekerjaan mereka.

Selain perahu, tersedia desain lain seperti sepeda motor dan mobil. Mereka juga membuat berbagai kerajinan dari tempurung kelapa yang dijadikan tas, replika kura-kura, poci teh, dan benda etnik lainnya.

Harga berbagai produk itu dipatok berdasarkan ukuran dan tingkat kerumitan desain. Replika perahu kecil dihargai Rp 25 ribu hingga Rp 50 ribu. Sedangkan ukuran besar mulai dari Rp 150 ribu. Kelompok Sanggar Bambu memasarkan produk mereka melalui  berbagai pameran kerajinan. Tak jarang pula dijajakan di dalam dan luar Kota Bogor.

Produk Sanggar Bambu pernah dipesan sebuah hotel di bilangan Senayan, Jakarta. Sesekali pemasaran dilakukan di Pasar Seni Ancol, Jakarta Utara. Di Bogor sendiri, produk Sanggar Bambu bisa ditemukan di tempat wisata air The Jungle dan pasar tradisional seperti Pasar Yasmin, Cibinong, dan Kebun Raya Bogor. Sri menyatakan optimistis hasil kreasi mereka diterima lebih luas di pasar domestik.(IKA/Tim Usaha Anda)

SANGGAR BAMBU KREASI
Workshop: Jalan Tatawinata No. 15 RT 02/02, Kedung Badak,
Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat
Telepon: 0251-8342610
E-mail: dh3.richman@yahoo.co.id
Sri Hadi: (081316566766)
Ade: 081381776866
Are:085885847202

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.