Sukses

Budidaya Tanaman Obat Bisa dalam Pekarangan Sempit

Ratusan jenis tanaman obat, kini, bisa dibudidayakan dengan mudah. Tanaman obat bisa dijamin mengobati penyakit yang tergolong berat, seperti hepatitis dan kanker.

Liputan6.com, Jakarta: Tanaman obat bisa dibudidayakan dengan mudah karena tak memerlukan pekarangan yang luas. Saat ini, ada 400 spesies jenis tanaman di Indonesia bisa difungsikan menjadi tanaman obat. Demikian diungkapkan peramu tanaman obat Ning Harmanto, di sebuah pameran flora dan fauna di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Ning menjelaskan, dalam pameran flora dan fauna kali ini bisa ditemukan tanaman mahkota dewa yang buahnya beracun jika tak diolah dengan benar. Namun, jika diolah dengan benar, buah bunga mahkota yang berwarna merah tua itu bisa difungsikan untuk mencegah penyakit hepatitis, asam urat, hingga kanker stadium tinggi. Sebenarnya, tambah Ning, Indonesia masih memiliki ratusan spesies lain yang bisa dikategorikan sebagai tanaman obat. Bahkan, kini, Indonesia sudah menduduki tempat kedua yang memiliki tanaman obat terbaik setelah Brazil. Sayangnya, hingga kini, uji klinis untuk tanaman obat masih sulit dilakukan lantaran kendala dana.(KEN/Tri Ambarwatie dan Gatot Budi Santosa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.