Sukses

Peringatan Hari Buruh di Korsel Ricuh

Peringatan Hari Buruh di Jerman, Turki, Korea Selatan, diwarnai kericuhan. Di Seoul, pendemo bentrok dengan polisi akibatnya sejumlah pengunjuk rasa ditangkap.

Liputan6.com, Seoul: Peringatan Hari Buruh di berbagai negara diwarnai kericuhan, Jumat (1/5). Di Korea Selatan, bentrokan antara pengunjuk rasa dengan polisi terjadi di Kota Seoul. Dalam kejadian itu sejumlah pendemo ditangkap. Sebelumnya Partai Buruh Demokrat dan kelompok lainnya berkumpul di Taman Budaya Yeouido untuk merayakan hari buruh internasional ke-119. Sekitar 30 ribu buruh menuntut pemerintah menjamin lapangan pekerjaan, mengurangi biaya pendidikan dan juga menangguhkan perjanjian perdagangan bebas antara Korsel dan Amerika Serikat.

Di Istambul, Turki, polisi menembakan gas air mata dan meriam air untuk menghalangi massa dari serikat buruh dan kelompok kiri yang bergerak menuju Lapangan Taksim. Kendati setuju pada permintaan para buruh menjadikan 1 Mei sebagai hari libur, pemerintah Turki tetap bersikap tegas melarang berunjuk rasa di Lapangan Taksim yang pernah menjadi saksi peringatan Hari Buruh berdarah tahun 1977. Ketika itu orang tak dikenal melepaskan tembakan di tengah unjuk rasa hingga menimbulkan kepanikan yang berujung jatuhnya sejumlah korban jiwa.

Karenanya tahun ini hanya sebagian kecil perwakilan buruh yang diperbolehkan melakukan peringatan di Lapangan Taksim. Mereka yang melawan larangan melempari polisi. Akibatnya 11 polisi terluka sementara 26 orang ditangkap.

Bentrok dan rusuh juga terjadi di Jerman setelah konser menyambut Hari Buruh berubah menjadi aksi anarkhis. Massa yang mengamuk melempari polisi dan kendaraan dengan botol. Massa juga merusak sejumlah fasilitas umum termasuk sebuah stasiun trem. Polisi akhirnya menindak massa dan menangkap puluhan perusuh. Sedikitnya 29 polisi cedera dalam bentrokan yang berlangsung sejak Kamis malam hingga hari tadi.
 
Ratusan warga Yunani telantar di bandara dan pelabuhan lantaran sejumlah penerbangan maupun pelayaran hari ini dibatalkan menyusul pemogokan yang dilancarkan para awak transportasi. Bentrokan antara polisi dengan pengunjuk rasa terjadi di Kota Athena. Massa merusak dan membakar sejumlah bank serta kamera kontrol lalu lintas.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.