Sukses

Tanggul Situ Gintung Jebol, 32 Orang Tewas

Sebanyak 32 orang tewas akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang, Banten. Air merendam ratusan rumah di saat para penghuninya masih terlelap.

Liputan6.com, Tangerang: Sebanyak 32 orang tewas akibat jebolnya tanggul Situ Gintung atau Danau Gintung di Cirendeu, Tangerang, Banten, Jumat (27/3) dini hari. Air merendam ratusan rumah di saat para penghuninya masih terlelap. Hal ini membuat warga tak sempat menyelamatkan diri.

Menurut Dinas Kesehatan DKI Jakarta, sebanyak 32 warga yang tewas diduga terseret arus air danau. Jenazah para korban tengah dievakuasi di beberapa tempat. Sementara tim penyelamat terus mencari korban lain yang kemungkinan terseret dan tertimpa reruntuhan bangunan yang jebol diterjang banjir.

Tak hanya itu, ratusan rumah dan mobil mewah Di Perumahan Cirendeu Permai juga terendam banjir bercampur lumpur. Warga terkejut karena air masuk dengan cepat hingga mencapai ketinggian tiga meter. Bahkan, banyak warga yang terjebak di rumah. Evakuasi terus dilakukan tim gabungan TNI-Polri. Sementara warga mengaku pasrah.

Saat ini ketinggian air dekat tanggul yang jebol sudah mulai surut. Meski arus air masih cukup kuat. Tampak puing-puing sisa bangunan yang luluh lantak diterjang bah.

Jenazah korban yang telah dievakuasi disemayamkan di Universitas Muhammadiyah. STIE Ahmad Dahlan, dan Cireundeu. Pihak keluarga datang ke tiga tempat tersebut berusaha mengenali jenazah korban. Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menko Kesra Aburizal Bakrie menyempatkan diri mengunjungi lokasi bencana dan para korban.(IKA/Albert Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini