Sukses

KPU Akan Verifikasi Ulang DPT

KPU akan memverifikasi ulang daftar pemilih tetap untuk menghindari adanya pemilih ganda. Namun verifikasi ini hanya akan dilakukan secara lokal.

Liputan6.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum akan memverifikasi ulang daftar pemilih tetap untuk menghindari adanya pemilih ganda. Namun verifikasi ini hanya akan dilakukan secara lokal. Menurut rencana, KPU mengundang partai politik peserta Pemilu untuk mencocokkan data DPT yang mereka miliki dengan DPT yang ada di KPU.

Hal ini terungkap dalam pertemuan Ketua KPU Abdul Hafiz Anshari dengan Ketua Kehormatan KPU Jimly Ashidiqi dan Ketua Bawaslu Hidayat Nur Sardini yang khusus membahas kasus DPT pada Senin (23/3). Kekacauan data DPT memang banyak dilaporkan di daerah. KPU Kendal menemukan 541 nama pemilih ganda dan pemilih di bawah umur. Di Jambi terdeteksi 4.000 pemilih ganda.

Pengamat politik Hadar Gumay berpendapat KPU dan parpol masih memiliki waktu untuk memverifikasi DPT. Tidak ada alasan untuk menunda jadwal Pemilu. Mendagri sebelumnya juga menegaskan pemerintah sudah bertindak proporsional dan membantah adanya unsur rekayasa.

Sementara itu, puluhan orang mendemo Kantor KPU. Mereka menilai kinerja KPU buruk terkait kekisruhan kasus DPT. Massa juga memprotes kasus dugaan manipulasi DPT di Pilkada Jawa Timur yang berakhir dengan pencopotan Kepala Kepolisian Daerah Herman Sumawireja.(TOZ/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini