Sukses

Kampanye Pemilu Unik

Guna menarik simpatik masyarakat, caleg di Banyumas berkampanye dengan menggunakan pakaian tokoh wayang. Sementara kampanye di Papua, dibalut dengan pagelaran tari dan pakaian tradisional.

Liputan6.com, Banyumas: Musik tradisional kentongan bambu digunakan untuk menarik perhatian masyarakat. Serombongan orang berpakaian tokoh wayang pun muncul di tengah-tengah warga yang berbelanja di area pasar tradisional. Salah satu tokoh bernama Bima pun meminta doa restu kepada para pedagang.

Rangkaian kegiatan tersebut adalah strategi unik yang dijalankan seorang calon legislator di Banyumas, Jawa Tengah, baru-baru ini. Sukirno dan simpatisannya tidak hanya bergaya ala tokoh wayang, ia juga membagi-bagikan stiker serta berpesan kepada warga agar memilih dirinya dalam kampanye mendatang. Cara ini terbukti berhasil menarik perhatian warga.

Penggunaan budaya lokal juga dilakukan caleg yang berkampanye di Jayapura, Papua. Wilayah paling timur ini memang kental dengan buadaya, terutama tari-tarian tradisional ciri khas negeri cendrawasih. Tak hanya menyajikan tarian di atas panggung, warga yang menonton di bawah panggung pun ikut menari.

Terbukti, budaya dapat dijadikan pembawa pesan politik. Namun yang masih menjadi pertanyaan, apakah kualitas para caleg tersebut dapat memperjuangkan aprisiasi yang mensejahterakan para pemilihnya.(OMI/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.