Sukses

Cukup Satu Jam Saja

Liputan6.com, Jakarta: Apa jadinya jika satu jam saja Anda mau mematikan listrik? Kendati terlihat sepele, ternyata dampaknya sangat besar. Satu jam menghemat listrik, Anda bisa membantu menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Ide itulah yang membuat Organisasi Konservasi Global (World Wildlife Fund/WWF) mengampanyekan Earth Hour Day atau satu jam untuk bumi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun mendukung. Menurut Gubernur Fauzi Bowo yang tak lain duta Earth Hour Day, pada 28 Maret mendatang, mulai jam setengah sembilan hingga setengah sepuluh malam atau selama satu jam, sejumlah ikon Jakarta akan dimatikan. Beberapa tempat di kawasan Sudirman-Thamrin yang akan dimatikan lampunya antara lain Bundaran Hotel Indonesia dan air mancurnya, Monumen Nasional dan air mancurnya, Gedung Balai Kota, Patung Pemuda, air mancur Arjuna Wiwaha, dan beberapa gedung kantor swasta di Jakarta.

Menurut Program Director Climate and Energi WWF Indonesia Fitrian Ardiansyah, matinya lampu selama satu jam ternyata mampu menghemat energi listrik sebesar 300 megawatt. Tindakan ini juga bisa mengurangkan beban biaya listrik Jakarta sekitar 200 juta rupiah. Termasuk pula mengurangi emisi karbondioksida sekitar 284 ton, menyelamatkan lebih dari 284 pohon, dan menghasilkan oksigen untuk 568 orang.

Earth Hour Day sudah berlangsung tiga tahun. Program ini melibatkan 1.539 kota di dunia dengan jumlah pendukung lebih dari 50 juta orang. Kini giliran Anda? Maukah membantu menyelamatkan bumi? Cukup matikan listrik satu jam saja.(ANS/Sufiani Tanjung dan Yuli Sasmito)

    Artikel Selanjutnya
    Bukan Main Smartphone, 5 Kebiasaan Tidur Ini Buat Cepat Sukses
    Artikel Selanjutnya
    5 Fakta Mengejutkan Hujan Misterius di Tebet