Sukses

Pohon Nyamplung, Sumber Energi Alternatif Baru

Tanaman Nyamplung kini dapat menjadi pilihan utama dalam gerakan penghijauan. Bijinya pun dapat diolah untuk dijadikan minyak bakar atau bio diesel.

Liputan6.com, Jakarta: Tanaman Nyamplung kini menjadi pilihan utama dalam gerakan penghijauan. Di Sampang, Madura, Jawa Timur, selain dikampanyekan untuk penghijauan, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yakni dengan mengolah bijinya untuk dijadikan bahan bakar minyak (BBM) atau bio diesel.

Bagi masyarakat Kecamatan Camplong, Sampang, tanaman Calophyllum Inophyllum yang lebih dikenal sebagai Bintangur atau Nyamplung ini sebenarnya sudah tidak asing lagi. Karena dulunya wilayah ini dikenal sebagai hutan kawasan Nyamplung. Namun sayangnya warga sendiri tidak menjaga sehingga jumlahnya di wilayah ini tinggal beberapa pohon saja. Dalam gerakan penghijauan 32 ribu hektare lahan kritis di Sampang, pohon Nyamplung menjadi pilihan di samping Jati dan Mahoni. Pemerintah berharap, masyarakat nantinya juga bisa mengambil manfaat ekonomi dari tanaman tersebut.

Menurut penelitian Departemen Kehutanan, pengolahan biji Nyamplung sebagai BBM lebih efektif dibanding biji Jarak yang dulu juga pernah dikampanyekan sebagai sumber energi alternatif. Nyamplung memiliki beberapa keunggulan, yaitu hasilnya dua kali lipat lebih banyak, kualitas minyak lebih bagus, serta budidaya yang lebih mudah. Meski hingga kini belum ada pengolahan Nyamplung dalam skala besar, pemerintah optimistis tanaman ini bisa menjadi salah satu unggulan pengganti BBM di masa depan.(TES/Teguh Dwi Hartono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini