Sukses

Apel Pengamanan Pemilu Digelar di Berbagai Daerah

Menjelang pelaksanaan pemilihan umum legislatif pada April mendatang, petugas keamanan di berbagai daerah menggelar apel kesiapan dan simulasi pengamanan pemilu.

Liputan6.com, Makassar: Aparat gabungan TNI dan Polri di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (11/3), menggelar simulasi pengamanan pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden di wilayah Indonesia bagian timur. Selain sebagai bagian dari konsolidasi keamanan di kawasan timur Indonesia, simulasi ini bertujuan menciptakan situasi aman, kondusif, dan terkendali menjelang perhelatan pesta demokrasi tersebut.

Dalam simulasi pengamanan pemilu di kawasan timur Indonesia, pasukan tak hanya mampu mengamankan situasi dengan senjata dan tindakan tegas. Namun, para petugas keamanan terlebih dahulu melakukan pendekatan dengan zikir. Massa yang melakukan huru-hara akan dihadapi oleh pasukan dengan membacakan zikir. Jika cara tersebut dianggap tak efektif, maka tindakan tegas baru dilakukan.

Di Riau, dengan melibatkan ribuan orang, Kepolisian Daerah setempat menggelar simulasi pengaman pemilu di Pekanbaru. Dalam simulasi diperagakan sejumlah kemungkinan terburuk huru-hara pemilu. Termasuk, kerusuhan massa sampai peledakan bom.

Kepolisian Daerah Jawa Barat mengadakan gelar pasukan dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2009. Gelar pasukan dipusatkan di Lapangan Gazibu, Bandung. Polda Jabar telah menyiapkan sekitar 30 ribu personel untuk mengamankan lebih dari 70 ribu tempat pemungutan suara yang tersebar di seluruh Jabar.

Gelar pengamanan pemuilu juga diadakan di Nanggroe Aceh Darussalam. Sejumlah wilayah di Aceh dinilai rawan, di antaranya kawasan pesisir yang patut diwaspadai kondisi keamanannya. Hal ini disampaikan Kepala Polda Aceh Inspektur Jenderal Polisi Adityawarman saat gelar pasukan pengamanan pemilu.

Ribuan pasukan gabungan melakukan apel siaga di Bandar Lampung, Lampung. Gabungan aparat keamanan yang diberi sandi operasi Mantap Brata ini di dalamnya terdapat puluhan penembak jitu yang akan bertugas di kawasan berpeluang terjadi kerawanan saat pemilu nanti. Polisi juga mengerahkan sebuah helikopter untuk memantau kondisi di 10 kabupaten atau kota yang ada di Provinsi Lampung pada Pemilu 2009.(ANS/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini