Sukses

Sepatu Lukis, Kreasi Penuh Warna

Karlina bisa menyelesaikan satu sepatu lukis dalam 1,5 hingga dua jam. Berbagai varian model dan motif menjadikan karya Karlina diminati berbagai kalangan usia.

Liputan6.com, Jakarta: Berbakat. Satu kata inilah yang tepat menggambarkan sosok Karlina saat menggoreskan tinta dengan kuas di atas medium sepatu. Melukis menjadi hobinya sejak masih kecil. Kini, sang gadis yang baru tamat sekolah menengah kejuruan memulai bisnis sepatu lukis berlabel Loony di Ciputat, Tangerang, Banten.

Sebenarnya bisnis ini sudah dilakoni Karlina sejak kelas tiga SMK. "Pertama sih iseng buat diri sendiri. Tapi lama-lama temen mau, terus iseng-iseng upload ke friendster," tutur Karlina. Awalnya Karlina hanya berniat mengisi waktu luang. Di luar dugaan, pesanan justru semakin bertambah.

Modal awal yang dikeluarkan Karlina hanya Rp 500 ribu. Jumlah itu dibelikan bahan-bahan seperti sepatu putih polos, cat akrilik, dan kuas berbagai ukuran. Dengan modal itu, Karlina mampu menghasilkan sekitar 25 kreasi sepatu lukis. Sepatu yang tadinya polos diubah menjadi penuh warna.

Sepatu lukis buatan putri pasangan Kardi dan Suminah ini sempat mengisi pameran Indocraft 2008 di Jakarta Convention Center. Peminatnya tak hanya dari dalam kota, tapi juga Jawa tengah, Jawa Timur, Sumatra, Kalimantan hingga Sulawesi. KarLina memasarkan karyanya dengan mengikuti berbagai pameran di sekolah-sekolah.

Sketsa sepatu seluruhnya dikerjakan Karlina. Namun, dalam pewarnaan ia dibantu seorang teman bernama Fitria. Satu sepatu bisa diselesaikan 1,5 hingga dua jam. Dalam sehari, ada lima atau enam sepatu yang dihasilkan. Berbagai varian model dan motif menjadikan karya Karlina diminati berbagai kalangan usia.

Sementara model sepatu beragam mulai dari sleep on, tali, lipat, bisa dibuka, dan model vans, serta karet. "Kalo usia TK ukuran 31 sampai 40, untuk nenek-nenek juga ada." kata Karlina. Motif bunga-bunga biasanya diminati kaum ibu, sementara remaja lebih menyukai kartun, tulisan-tulisan, dan desain-desain simpel.

Patokan harga didasarkan atas ukuran dan kerumitan desain. Ukuran 31 sampai 33 berkisar Rp 95 ribu hingga 110 ribu per pasang. Jenis sleep on ukuran 34-40 berkisar Rp 120 ribu hingga Rp 150 ribu. Sedangkan model laki-laki dipatok RP 170 ribu. Meski menggunakan cat, ketahanan warna dan gambar cukup baik asal dirawat dengan benar. Karlina kini berniat memberi kursus kepada anak-anak kecil.(IKA/Tim Usaha Anda)

Feature SEPATU LUKIS
CP: Karlina
Jl Aria Putra No. 28, Sarua Indah
Ciputat- Tangerang
Hp: 021-910 95 894

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini