Sukses

Banjar dan Polewali Digenangi Banjir

Sejumlah desa di Kabupaten Banjar, Kalsel, digenangi banjir dan mengganggu aktivitas warga. Ratusan warga korban banjir di Polewali Mandar hingga kini juga masih mengungsi.

Liputan6.com, Martapura: Banjir masih merendam sejumlah wilayah di berbagai daerah. Di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, sejumlah desa digenangi banjir. Namun, warga belum ada yang mengungsi meski mereka tidak bisa beraktivitas, karena hampir seluruh kawasan tempat tinggal mereka terendam.

Bupati Banjar Chairul Saleh sempat meninjau beberapa lokasi banjir dan memberikan bantuan kepada pada korban di sejumlah desa. Bupati menginstruksikan semua instansi terkait tetap siaga dan secepatnya membangun tenda darurat serta posko bagi korban banjir. Seluruh warga, terutama anak-anak dan orang tua akan dievakuasi jika banjir membahayakan.

Sementara itu, ratusan warga korban banjir bandang di sembilan kecamatan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, hingga kini masih mengungsi di sejumlah tempat dan juga di tenda-tenda darurat dalam kondisi yang memprihatinkan. Mereka terpaksa bertahan di pengungsian karena rumah mereka hilang terseret banjir Jumat pekan lalu. Akibat kondisi yang buruk, sejumlah pengungsi mulai terserang penyakit.

Sampai saat ini korban juga belum mendapat bantuan tenaga medis. Jarak lokasi pengungsian dengan posko kesehatan yang cukup jauh membuat mereka luput dari perhatian. Banjir bandang ini 10 Januari lalu ini menelan belasan korban jiwa dan beberapa korban belum ditemukan.

Sedangkan di Karawang, Jawa Barat, banjir juga belum teratasi karena tanggul Sungai Citarum yang jebol belum diperbaiki. Ribuan rumah di 19 kecamatan sudah tiga hari ini terendam banjir. Pemkab Karawang mengalami kesulitan karena lokasi tanggul yang jebol sulit dijangkau dan arus sungainya yang deras. Rencananya perbaikan akan dilakukan setelah banjir surut [baca: Tanggul Citarum Jebol, Jalan Terputus].(ADO/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.