Sukses

Buruh Pabrik Rokok Djambu Bol Tuntut Premi

Mereka mendatangi Kantor DPRD Kudus, Jawa Tengah. Pengunjuk rasa menuntut wakil rakyat mendesak pihak perusahaan membayar uang premi atau upah khusus karena masuk kerja pada saat hari libur.

Liputan6.com, Kudus: Ribuan buruh pabrik rokok Djambu Bol berunjuk rasa di Kantor DPRD Kudus, Jawa Tengah, Rabu (14/1). Namun, kedatangan mereka untuk menemui wakil rakyat dihalangi sejumlah polisi yang sudah berjaga-jaga di gerbang utama. Pengunjuk rasa yang sebagian besar wanita ini akhirnya berorasi di ruang lobi gedung dewan.

Berbekal poster berisi tuntutan pembayaran uang premi, ribuan buruh menilai manajemen Djambu Bol telah melanggar Undang-undang Perburuhan. Pasalnya, manajemen tidak membayar hak buruh yang masuk kerja pada hari libur. Pengunjuk rasa berharap anggota DPRD menemui pihak perusahaan dan mendesak membayar uang premi karyawan. Pada bulan lalu para pekerja tetap masuk kerja selama empat hari libur.

Mereka juga bersedia dipecat jika perusahaan sudah tidak mampu membayar, asalkan diberi pesangon sesuai ketentuan. Hingga Rabu malam, demonstran masih bertahan di DPRD karena tuntutan mereka tidak dipenuhi pihak perusahaan.(ANS/Taufan Yudha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.