Sukses

Jakarta Tergenang

Hujan disertai angin kencang merobohkan pohon hingga menimpa bajaj yang tengah melintas di depan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Hujan juga menimbulkan genangan air di lima wilayah Jakarta sehingga terjadi kemacetan di sebagian besar ruas jalan.

Liputan6.com, Jakarta: Hujan disertai angin kencang sejak Selasa (13/1) pagi, melanda sebagian kecil wilayah Jakarta. Setelah hujan berhenti, pohon asem di depan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, tumbang menimpa bajaj yang tengah melintas.

Bajaj yang tidak berpenumpang itu rusak berat. Sedangkan pengemudinya dilarikan ke klinik terdekat. Arus kendaraan yang mengarah ke Pasar Baru dari Lapangan Banteng dialihkan sementara ke Jalan Veteran.

Hujan juga mengakibatkan sebagian wilayah Jakarta kebanjiran sehingga banyak jalan macet total dan sejumlah sepeda motor mogok. Di Jalan Kolonel Sugiono, Jakarta Timur, misalnya, air menggenang setinggi 30 sentimeter. Di Jalan R.E. Martadinata Jakarta Utara, banjir mengganggu aktivitas warga. Genangan diperparah air pasang sejak sepekan lalu. Genangan juga terjadi di sejumlah kawasan Bekasi, Jawa Barat. Akibatnya arus kendaraan menuju Ibu Kota tersendat.

Di Jakarta Utara terdapat 10 titik banjir di antaranya Jalan Baru Ancol, di kanan dan kiri mencapai 20 cm, Muara Baru 40 cm, depan Kodamar Yos Sudarso 40 cm, dan Teluk Gong 30 cm. Jakarta Pusat terdapat empat titik, di antaranya Cempaka Putih perempatan Coca-Cola 15 cm dan Jalan Pangeran Jayakarta 20 cm.

Sementara itu, tiga titik di Jakarta Selatan. Jalan Sudirman depan Balai Sarbini arah selatan 30 cm dan ITC Fatmawati 25 cm. Jakarta Barat delapan titik di antaranya Taman Sari Raya 30 cm, Jalan Arjuna Selatan pinggir tol 15 cm, dan depan Pos Giro Daan Mogot 15 cm.

Sedangkan Jakarta Timur terdapat tujuh titik. Di antaranya depan Rumah Sakit Duren Sawit 10 cm, Jalan Raya Bekasi Timur Lembaga Pemasyarakatan Cipinang 20 cm, dan Jalan Perintis Kemerdekaan depan Mediros 25 cm.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta sejak semalam juga mengakibatkan penahan tepian pembatas kali di Taman Sari, Jakbar, ambles lantaran tergerus luapan air. Akibatnya mobil boks yang tengah di parkir terperosok masuk ke kali. Tepian kali dengan penahan besi dan paving stone yang berantakan juga masih terlihat.

Menurut keterangan saksi, mobil yang diparkir di kawasan pertokoan suku cadang kendaraan itu terperosok saat hujan deras mengguyur dan sungai meluap. Saat ini upaya mengevakuasi mobil dilakukan dengan mendatangkan mobil penderek. Meski tidak sampai menimbulkan kemacetan, peristiwa itu tetap menarik perhatian pengguna jalan yang melintas. Mereka menyaksikan sembari mengurangi kecepatan kendaraan masing-masing.(YNI/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.