Sukses

Karnaval Hitam Putih, Pesta Warga Pasto

Karnaval Hitam Putih di Kota Pasto, Kolombia, dimeriahkan permainan musik dan peragaan kostum aneka rupa serta warna. Di penghujung acara segenap peserta karnaval saling menaburkan bedak.

Liputan6.com, Pasto: Ribuan warga Kolombia, baru-baru, tumpah ruah di Kota Pasto untuk menyaksikan Karnaval Hitam Putih. Karnaval yang digelar dua hari ini dimeriahkan permainan musik dan peragaan kostum aneka rupa serta warna.

Acara tahunan ini pertama kali digelar pada 1928. Namun, cikal bakal karnaval ini bermula sejak 1607 pada zaman perbudakan. Ketika itu, para budak asal Afrika meminta kepada Raja Spanyol agar diberi sehari libur untuk istirahat. Izin pun diperoleh dan para budak menyambutnya dengan sukacita dan saling menaburkan bedak. Dari sinilah diduga nama Karnaval Hitam Putih berasal.

Kini, karnaval tidak lagi sebatas pesta para budak. Namun, telah berkembang sebagai wadah apresiasi seni warga Kolombia. Bahkan, sejak 2002 acara ini ditetapkan Pemerintah Kolombia sebagai warisan nasional. Namun ada satu hal yang tak berubah dari festival ini, di penghujung acara segenap peserta karnaval tetap saling menaburkan bedak.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini