Sukses

Buruh Blokade Jalan Tuntut Pencabutan SKB

Mereka menuntut pemerintah mencabut SKB Empat Menteri yang dianggap merugikan buruh. Pemerintah didesak segera menanggapi tuntutan buruh dengan mencabut SKB yang menghalangi kehidupan kesejahteraan pekerja itu.

Liputan6.com, Medan: Puluhan pekerja di Medan, Sumatra Utara, Senin (5/1) siang, berunjuk rasa menuntut pemerintah mencabut Surat Keputusan Bersama Empat Menteri yang dianggap merugikan buruh. Sambil menutup jalan, pendemo mendesak pemerintah segera menanggapi tuntutan buruh dengan mencabut SKB yang menghalangi kehidupan kesejahteraan pekerja itu.

Unjuk rasa juga dilakukan buruh PT Royal Abadi Sejahtera di Bandung, Jawa Barat. Mereka mengancam akan berunjuk rasa dengan jumlah yang lebih besar jika pihak manajemen perusahaan tidak diperhatikan para buruh. Akibat aksi tersebut, operasional pabrik sempat terganggu.

Aksi serupa digelar ratusan buruh perusahaan mebel PT Kasega Dadidit di Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, dengan mendatangi Kantor Dinas Tenaga Kerja setempat. Mereka menuntut pembayaran pesangon dan hak-hak lain menyusul penutupan perusahaan sejak 1 Januari lalu. Sementara perusahaan mengakui kebijakan merumahkan karyawan karena kondisi keuangan.(TOZ/Tim Liputan 6 SCTV

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini