Sukses

Umat Hindu Bali Rayakan Turunnya Ilmu

Seluruh umat Hindu Bali merayakan Hari Raya Sarawati. Perayaan adalah wujud syukur atas anugrah ilmu pengetahuan yang diturunkan Sang Pencipta.

Liputan6.com, Gianyar: Seluruh umat Hindu Bali merayakan Hari Raya Sarawati, Sabtu (3/1). Perayaan adalah wujud syukur atas anugrah ilmu pengetahuan yang diturunkan Sang Pencipta. Lokasi perayaan salah satunya di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Satu Sukawati, Gianyar.

Para siswa datang dengan berpakaian adat untuk persembahyangan bersama. Dipimpin seorang pemangku atau pemimpin upacara Hindu, seluruh siswa dan guru sekolah berdoa. Puji syukur dipanjatkan pada Ida Sanghyang Widhi Wasa atas anugrah ilmu pengetahuan.

Doa diakhiri dengan pembagian air suci untuk memohon ketajaman dan kejernihan pikiran dalam memanfaatkan ilmu. Hari Raya Saraswati digelar umat Hindu Bali tiap enam bulan sekali yakni setiap Sabtu Umanis Watugunung.

Pada Hari Raya Saraswati, upacara penyucian semua buku yang berisikan ilmu pengetahuan juga dilakukan. Buku-buku yang sudah disucikan diharapkan membawa manfaat bagi umat manusia.(JUM/Putu Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.