Flex Point, Surga Penyewaan Kostum

  • Usaha Anda
  • 0
  • 03 Jan 2009 12:56

090103ua.jpg
Liputan6.com, Jakarta: Pernahkah terpikir oleh Anda jika bisnis penyewaan baju atau kostum ternyata amat menjanjikan? Hal ini terbukti lewat tangan Koestyo Wibowo, pemilik gerai penyewaan baju Flex Point di Kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan. Bisnis itu telah digeluti Bowo, begitu ia biasa disapa, sejak 20 tahun silam.

Ruangan seluas 250 meter persegi di Flex Point digunakan untuk memajang seluruh hasil karya Bowo. Terdapat sekitar 10 ribu koleksi kostum di tempat tersebut. "Biasanya, kostum itu kita daur ulang mengikuti mode," kata Bowo. Sedangkan ide kostum didapat di internet atau langsung dari pelanggan. Kostum yang paling diminati sekarang adalah belly dance, geisha, dan bajak laut.

Harga sewa kostum di Flex Point berkisar  Rp 100 ribu hingga Rp 350 ribu. "Kalo Rp 350 ribu yang pasti sudah lengkap dengan wig, sepatu, dan hampir semua kecuali make up," jelas Bowo. Sementara, kostum dengan pesanan khusus seperti desain dan ukuran tubuh dipatok 1,5 kali lipat lebih mahal dari harga normal atau mencapai jutaan rupiah.

Ira Prawiro, salah satu pelanggan mengatakan, memilih berlangganan di Flex Point untuk baju sekolah anak-anak. "Hasilnya bagus, dan variatif," kata Ira. Dia juga mengaku senang karena Bowo bisa merealisasikan apa yang ia butuhkan. Dengan begitu, Ira mendapat kostum yang pas dengan keinginan, kepribadian, dan seleranya.

Hal senada juga diungkapkan Madz, pelanggan lainnya. Kostum di Flex Point benar-benar kreatif dan berwarna. Tampilan kostum juga bervariasi mulai dari funky hingga seram. "Saya suka karena harganya terjangkau dan waktu peminjaman bisa cukup lama," kata Madz.

Bowo mengawali bisnis penyewaan kostum saat dirinya memiliki grup penari. Ketika itu, dia kerap kesulitan jika penyelenggara menentukan tema. "Saya harus berpikir bagaimana caranya mengganti kostum secepat itu dan benar-benar menarik di panggung," kata Bowo. Alasan itulah yang mendasari Bowo mendirikan Flex Point. Nama Flex point sendiri diadopsi dari salah satu sekolah di Belanda.

Pria berusia 49 tahun itu mengawali usaha dengan modal awal yang dikumpulkan dari gaji setiap bulan. Usaha tersebut didukung bakat Bowo di bidang desain. Perlahan tapi pasti bisnis yang digeluti Bowo berbuah manis hingga saat ini. Soal persaingan, Bowo mengaku tak takut. "Prinsip saya makin ada saingan makin bagus untuk kita fight, yang penting saya jaga mutunya," tuturnya.(IKA/Tim Usaha Anda)


Feature Rental Kostum
FLEX POINT
Jl. RS. Fatmawati 15 L Blok A
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp: 021-7222172, 021-7394493
CP: Koestyo Wibowo (0818 742843)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler