Sukses

Tim Gegana Sisir Gereja di Mojokerto

Tim Penjinak Bahan Peledak gabungan Polda Jatim dan Polres Mojokerto menyisir sejumlah gereja di Mojokerto. Polda Jatim juga membentuk Operasi Lilin Semeru yang akan mengamankan Surabaya hingga 10 hari ke depan.

Liputan6.com, Mojokerto: Tim Penjinak Bahan Peledak (Gegana) Kepolisian Daerah Jawa Timur bersama Kepolisian Resor Mojokerto menyisir seluruh gereja di Kabupaten Mojokerto, Jatim, Selasa (23/12). Selama dua hari, polisi akan memeriksa 63 titik yang terdiri dari 53 gereja, delapan masjid, satu klenteng, serta sebuah vihara.

Penyisiran dimulai dari Gereja Kristen Jawi Wetan di Desa Penompo, Kecamatan Jetis. Dengan menggunakan detektor logam, polisi memeriksa seluruh bagian gedung. Sejumlah rumah penduduk beradius 50 meter juga tak luput dari pemeriksaan. Penyisiran dilanjutkan ke Gereja Kristen Jawi Wetan di Desa Mlirip.

Operasi ini merupakan upaya polisi mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru dari aksi terorisme. Polres Mojokerto menurunkan 600 personel yang akan ditempatkan di rumah peribadatan hingga 2 Januari 2009.

Di Surabaya, Polda Jatim membentuk Operasi Lilin Semeru 2008 yang akan menurunkan sedikitnya 4.000 personel. Pasukan pengaman ini akan disiagakan di sejumlah titik rawan seperti objek vital dan pusat keramaian. Operasi Lilin Semeru dimulai pada 24 Desember hingga 10 hari ke depan.(OMI/Bambang Ronggo dan Rahmat Hidayat)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini