Sukses

Rob Terjadi Akibat Pemanasan Global

Ketua Global Water Partnership Siswoko Sastrodihardjo mengatakan rob terjadi akibat pemanasan global. Faktor penyebab lainnya adalah penurunan permukaan daratan akibat penyedotan air tanah yang berlebihan.

Liputan6.com, Banyuwangi: Banjir air laut pasang merupakan akibat dari pemanasan global. Penyebab lainnya adalah penurunan permukaan daratan karena penyedotan air tanah. Rob merupakan fenomena alam yang sudah tak bisa dihindari. Demikian dikatakan Ketua Global Water Partnership Siswoko Sastrodihardjo, Senin (15/12).

Belum lama ini banjir air laut pasang atau rob merendam permukiman warga Kelurahan Karang Rejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Sawah dan tambak juga terendam Rob di kelurahan ini sering terjadi sejak tanggul penahan air laut jebol beberapa tahun silam. Namun hingga saat ini pemerintah setempat belum memperbaiki tanggul.

Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, air laut pasang merendam permukiman hingga kurang lebih setengah meter. Hal ini menyebabkan aktivitas warga lumpuh. Para nelayan mengungsi ke tempat yang lebih aman dan tidak berani melaut karena khawatir akan terjadi gelombang laut yang tinggi.(UPI/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini