Sukses

Dekorasi Es Balok Bernilai Jutaan Rupiah

Kerajinan seni ukir dapat dibuat pada es batu yang dingin. Di Bali, harga dekorasi yang bertahan hingga enam jam ini sekitar tujuh juta rupiah.

Liputan6.com, Kuta: Kerajinan seni ukir tak hanya dibuat dari bahan kayu atau batu cadas. Seorang warga Kuta, Bali memahat es batu yang dingin dan mudah meleleh menjadi sebuah dekorasi yang indah. Pengerjaannya yang rumit membuat harga kerajinan ini bernilai tinggi sekitar Rp 2-7 juta.

Pembuatan dekorasi ukiran es tidak menggunakan sembarang es. Wayan Sumadra menggunakan es balok yang berbentuk kristal. Bahan baku es jenis ini lebih keras serta terlihat lebih bening.

Proses pembuatan dekorasi es ukir diawali dengan mencuci es balok. Selanjutnya es dipotong dalam berbagai bentuk dan ukuran. Pengerjaan dilanjutkan di ruangan yang disebut cool room supaya es tak mudah meleleh. Usai diukir, es dihaluskan menggunakan pahat pada setiap bagian lekukan ukiran. Sebelumnya, bagian itu dibor.

Beragam bentuk dihasilkan dari kerajinan seni ukir es di antaranya patung naga, gitar, gelas, maupun bentuk lainnya sesuai pesanan konsumen. Dekorasi es biasanya dipesan hotel-hotel berbintang untuk keperluan pesta. Jika ditempatkan pada ruangan dengan suhu kamar, ukiran es mampu bertahan enam jam. Sedangkan di luar ruangan, akan meleleh setelah empat jam.(OMI/Putu Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini