Sukses

Agar Hewan Jinak, Warga Menggelar Tumpek Kandang

Pemilik hewan peliharaan tentu ingin binatang peliharaannya selalu dalam keadaan sehat. Masyarakat Bali menggelar ritual tumpek kandang agar hewan selalu sehat dan jinak pada manusia. Ritual serupa juga dilaksanakan di kebun binatang.

Liputan6.com, Jakarta: Masyarakat Bali memiliki ritual tradisional agar hewan peliharaannya selalu sehat dan jinak kepada manusia. Namanya, ritual tumpek kandang. Acara serupa juga kerap dilaksanakan di kebun binatang agar hewan-hewan ganas dan berukuran besar bisa jinak.

Dari pantauan SCTV belum lama ini, binatang-binatang yang sudah jinak diberi kain putih. Seorang pemangku agama juga sudah bersiap untuk memimpin ritual tumpek kandang. Karena hewan-hewannya berukuran besar, sang pawang tak bisa membawanya ke pure untuk persembahyangan. Sang pemangku yang berkeliling ke kandang-kandang untuk memberikan air suci.

Menurut Anak Agung Aji Mangku, tokoh agama, ritual ini bertujuan menjauhkan hewan-hewan dari segala penyakit, bisa berkembang biak dengan baik, jinak pada manusia, dan tidak liar. Setelah mengikuti persembahyangan, hewan-hewan ini bisa langsung ditampilkan dihadapan para pengunjung.(IAN/Aries Wicaksono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.